Banyak orang berpendapat bahwa Karbohidrat dan Lemak merupakan sumber penyakit.. Benarkah demikian?? Mana yang lebih menyebabkan penyakit?? Karbohidrat atau Lemak??

Berbicara tentang keduanya saya jadi teringat dengan mata kuliah biokimia pangan yang saya ambil waktu awal semester 1 di Program Studi Ilmu Pangan. Salah satu materi kuliahnya ialah tentang metabolisme karbohidrat dan lemak di dalam sel. Makanan yang kita konsumsi pasti mengandung kedua zat ini.. Namun kadarnya dalam setiap bahan pangan berbeda-beda. Nasi misalnya, lebih dominan karbohidrat dalam bentuk pati.

Tubuh kita pada dasarnya terdiri dari banyak sekali sel. Sel-sel ini membentuk jaringan. Kumpulan jaringan membentuk organ seperti jantung, otak dll.  Sel-sel ini membutuhkan energi untuk dapat selalu menjalankan fungsi aktifnya. Energi ini diperoleh dari serangkaian proses metabolisme makanan yang kita konsumsi (termasuk karbohidrat dan lemak). Selain energi, juga diproduksi glikogen, protein, lemak, kolesterol sesuai mekanismenya masing-masing yang sangat rumit (setengah mati waktu ujian ngapalinnya T.T). Jangan buruk sangka dulu, lemak dan kolesterol ini juga penting bagi  sistem pertahanan diri sel-sel tersebut.

Menurut saya, disinilah kuncinya… “Manajemen Energi”. Semakin efektif energi dimanage maka akan semakin sedikit cadangan makanan yang dibuat oleh tubuh. Cadangan makanan ini bisa dalam bentuk apa saja? Yang paling kelihatan yaa lipatan lemak yang ada di tubuh.. Hehe…

Jadi.. sebenarnya apapun yang kita makan.. entah… karbohidrat atau lemak… pada dasarnya akan dirombak lagi oleh tubuh untuk menjadi energi. Apabila sudah cukup energi yang terbentuk maka akan disimpan dalam bentuk lemak, glikogen, glukosa dll. Sedikit makan atau berpuasa sangat bagus bagi tubuh, karena sel dapat memanfaatkan cadangan makanan ini untuk menjadi energi.

Oleh karena itu, sebenarnya yang perlu dikhawatirkan bukan karbohidrat atau lemak melainkan hawa nafsu kita yang selalu ingin makan… makan dan ..makan .

Hawa nafsu kita yang ingin selalu mager (males gerak) mager dan mager ….hehe..

Bagaimana menurut kalian? Fell free to comment, like, and discuss.. hehe

3 pemikiran pada “Karbohidrat dan Lemak.. Mana yang lebih berbahaya??

  1. Setuju dengan simpulan yang telah dipaparkan bahwa harus mengendalikan keinginan untuk makan berlebihan dan harus berolahraga…terkait dengan Penyakit Tidak Menular, karbohidrat berlebih dapat menimbulkan diabetes,, tapi selain diabetes ternyata kelebihan karbohidrat juga bisa menyebabkan Penyakit Jantung Koroner, dimana mayoritas dari masyarakat hanya mengetahui “tersangka” dari PJK adalah lemak dan kolesterol,,
    Salah satu alasan peningkatan kadar trigliserida dalam tubuh adalah diet tinggi karbohidrat (Merker et al. 2001; Tsalissavrina et al. 2006). Peran trigliserida yaitu sebagai faktor risiko terjadinya penyakit jantung koroner (PJK). Penyebab utama terjadinya PJK adalah adanya aterosklerosis. Sementara, terjadinya aterosklerosis dapat dipengaruhi oleh bermacam-macam faktor risiko antara lain kegemukan yang penyebabnya adalah “konsumsi karbohidrat berlebihan” (American Heart Association News 2015; Moyer 2010).

    American Heart Association News. 2015. CARBOHYDRATE AND ATHEROSCLEROSIS. http://www.heart.org/HEARTORG/Conditions/Cholesterol/WhyCholesterolMatters/Atherosclerosis_UCM_305564_Article.jsp#.WGh-6lOLTIU.
    Merker, M., Valez-Carrasco W., Hudgins L.C., Breslow, J.L. 2001. Compare with saturated fatty acids, dietary monounsaturated fatty acids and carbohydrates increase atherosclerosis and VLDL cholesterol levels in LDL receptor-deficient, but not apolipoprotein E-deficient, mice. PNAS. J. Med Sci. Vol.98, No. 23.
    Moyer. 2010. CARBS AGAINST CARDIO : MORE EVIDENCE THAT REFINED CARBOHYDRATES, NOT FATS, THREATEN THE HEART.
    Tsalissavrina I., Wahono, D., dan Handayani D. 2006. Pengaruh pemberian diet tinggi karbohidrat dibandingkan diet tiggi lemak terhadap kadar trigliserida dan HDL darah pada Rattus novergicus galur Wistar. J. Kedokteran. Vol XXII. No. 2.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s