Disebut apakah alat pengukur suhu? *Termometer … Iya.. benar sekali… Selama ini saya hanya tahu bahwa termometer berbentuk tabung kaca yang berisi air raksa. Ternyata ada juga termometer yang memanfaatkan infra merah untuk mengukur suhu. Termometer ini disebut Infrared Thermometer atau yang lebih dikenal dengan sebutan “Termometer Tembak”.

P80226-065508(1)
Benetech GM 320

Prinsip kerja alat ini didasarkan pada hukum fisika bahwa setiap benda yang memiliki suhu diatas -273 oC memancarkan gelombang infra merah. Energi Infra merah yang dipancarkan berhubungan erat dengan suhu benda tersebut. Sensor yang terdapat pada termometer tembak akan menangkap pancaran tadi untuk dikonversi menjadi nilai suhu.

Termometer tembak yang saya miliki merupakan buatan Cina, yang harganya sangat miring. Yaa.. saya beli Termometer ini di sebuah toko online dengan harga Rp.146.000,- saja (sudah termasuk ongkir Bekasi-Bogor).

P80226-065859(1)
Termometer menampilkan pembacaan suhu

Merk Termometer ini ialah Benetech GM320. Termometer ini memiliki warna kombinasi oranye dan hitam. Material luarnya terbuat dari plastik dan dilengkapi dengan layar LCD yang berfungsi untuk menampilkan pembacaan suhu.

Terdapat empat tombol yang memiliki fungsi masing-masing.

keterangan gambar2
Infrared Thermometer Benetech GM 320

Tombol no.1 berfungsi untuk mengaktifkan pengukuran. Arahkan termometer ke obyek yang akan kita ukur suhunya lalu pencet tombol ini, layar LCD akan menampilkan suhu obyek tersebut. Tahan selama 7 detik lalu lepaskan agar mendapat hasil pengukuran yang optimal.

Tombol no.2 berfungsi untuk mengaktifkan/menon-aktifkan laser. Termometer ini memiliki laser untuk membantu mengarahkan pengukuran ke titik terpanas/ terdingin obyek yang akan kita ukur.

Tombol no.3 berfungsi untuk mengaktifkan/menon-aktifkan lampu pada LCD selama 7 detik. Ini sangat membantu jika kita mengukur dalam kegelapan. Di dalam GOA misalnya… hehe.

Tombol no.4 berfungsi untuk mengubah pembacaan suhu dalam Fahrenheit (oF) atau Celcius (oC).

P80226-065724(1)
Tempat Memasang Baterai

Alat ini menggunakan sumber listrik yang berasal dari baterai ukuran AAA 1.5 V sebanyak dua buah. Kisaran suhu yang dapat diukur oleh alat ini adalah -50 oC – 380 oC dengan klaim tingkat akurasi + 1.5 oC untuk pengukuran suhu 0 oC – 380 oC dan + 3 oC untuk pengukuran suhu -50 oC – 0 oC.

Termometer ini sangat berguna untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan alat elektronik. Misal, untuk mendeteksi kerusakan AC ruangan apabila sudah tidak dingin lagi. Demikian review singkat dari saya, apabila ada yang kurang jelas bisa dibaca di Instruction manual yang bisa anda dapatkan setelah membeli Termometer ini. Hahaha…….

PS: Termometer Tembak tidak memakai peluru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s