-->
Kamu Sedang Membaca...
Education

Suasana Kelas di SGGW-WULS

Kali ini, saya akan coba cerita tentang suasana kuliah di SGGW-WULS. SGGW-WULS merupakan kepanjangan dari:  (lihat contekan dulu) Szkola Glowna Gospodarstwa Wiejskiego w Warszawie, dalam bahasa inggris namanya menjadi Warsaw University of Life Sciences.

For your information, saya mendapat kesempatan untuk menimba ilmu disini selama 4,5 bulan (sampai pertengahan bulan Juli 2017).

Nah, gimana rasanya kuliah di SGGW-WULS? Apakah ada mahasiswa yang ketiduran di kelas? Hehe..

Mahasiswa-Mahasiswanya

Saya berada di kelas Internasional yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswa dari berbagai negara. Ada mahasiswa dari Turki, India, Perancis, Jerman, Kroasia, Italia dan tentu saja Indonesia (saya). Setelah saya amati, ternyata mahasiswa dari India ini paling aktif.. paling sering nanya, paling sering ngajak dosennyaa debat (saya gak tahu..apakah ini pengaruh dari film 3 idiot?). Sementara itu, mahasiswa dari Eropa..rata-rata mereka akan bicara, berdebat dengan dosen apabila ada topik yang benar-benar mereka minati. Jika topiknya membosankan, mereka lebih memilih diam.

IMG20170404112327p

Ngambil Foto Slide (awas salah fokus)

Dosen-Dosennya

Ramah sekali. Saya gak tahu apakah ada dosen killer juga untuk mahasiswa asing. Oleh karena mereka sama seperti kita (tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu), mereka speak english slowly sehingga dapat dengan mudah dipahami. Dosen disini rata-rata masih muda-muda. Dari 8 mata kuliah, cuma 1 mata kuliah yang dosennya udah sepuh. Rata-rata dosen mau mengirimkan materi kuliah via e-mail, tetapi ada juga dosen yang gak mau share materi. Jadi, kita harus senantiasa mencatat atau ngambil foto diam-diam dosennya slide nya.

Tugas-Tugasnya

Jarang ada tugas. Tiap dosen akan selalu memberikan pilihan (Tugas atau Ujian?) Jadi kalau dikasih tugas, otomatis gak ada ujian, begitupula sebaliknya. Tugas pun dikerjakan secara berkelompok (atau in pair).

Ujian-Ujiannya

Udah ngerasain ujian 2 kali. Boleh open book, tapi karena mata kuliah yang diujikan tentang kimia, saya merasa tidak terlalu sanggup mengerjakannya dengan baik..hehehe.

Praktikum

Praktikum disini bisa berlangsung sampai lebih dari 2 kali pertemuan buat ngublek2in materi yang sama. Saya pernah praktikum analisis menggunakan alat FTIR dan Calorimetric Bomb. Untuk dua materi itu aja bisa sampai 4 kali pertemuan. Kelebihan dari praktikum disini ialah kita bisa ngoperasiin alatnya sendiri, tanpa perlu perantara teknisi laboratorium. Apa dosen gak takut alatnya rusak? Iya, mereka sudah sangat sering mengalami kerusakan alat akibat ulah mahasiswa..Tapi..disitulah resiko belajar..hehehe.

IMG_20170424_161523

Suasana kelasnya (di sore hari.. bikin ngantuk)

 

 

So, thats all about the class

Jadi, apakah  ada mahasiswa yang ketiduran di kelas?? Iya.. ada.. itu saya.. waktu kuliah jam 4 sore –“

 

Iklan

About rezawidya

i am just ordinary human..... like u.... still need a food to build my body

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kalender

April 2017
M S S R K J S
« Mar    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 34,702 hits

arsip

Translation

%d blogger menyukai ini: