-->
Kamu Sedang Membaca...
#JumatStory

#JumatStory-Ketangkap Basah Belum Lapor Diri

Assalamualaikum wr wb guys… 

Sebelum temen-temen baca mengenai kisah absurd berikut ini, ada baiknya saya ceritakan terlebih dahulu.. apa sih #JumatStory itu?

Jadi, #JumatStory ini adalah semacam catatan harian saya selama melalui hari-hari Jumat di negeri orang. FYI, saat ini saya sedang berdomisili di Warsawa-Polandia. Kenapa saya pilih hari Jumat? karena menurut saya menjadi muslim di negeri yang mayoritas penduduknya non-muslim akan membutuhkan sedikit adaptasi. Contohnya, ya adaptasi ketika memasuki hari Jumat. Kalau di Indonesia, mau sholat Jumat gampang..deket..Masjid dimana-mana, sementara disini masjid jauh dan jumlahnyapun tidak banyak. Belum lagi kalau dihadapkan pada pilihan yang sulit antara tetep Jumatan atau mengikuti kegiatan lain. Waktu sholat Jumat disini pun gak selalu jam 12 siang, tapi bisa berubah-ubah sesuai musim.

Hope you enjoy.. Selamat membaca..

Jumat, 3 Maret 2017. Cerita Jumat pertama di warsaw ini ialah tentang bagaimana seorang WNI ‘tertangkap basah’ belum melakukan lapor diri ke KBRI. hehehe…

Pada hari jumat, sebagaimana layaknya muslim kebanyakan..saya sholat jumat… Karena belum tahu dimana lokasi masjidnya berada, sayapun berangkat lebih awal..yaitu jam setengah sebelas siang (jumatan dimulai jam 12 siang). Dengan berbekal Google maps, saya cari tahu dimana lokasi centrum kultury islamu (nama bekennya: masjid). Saya kesana dengan menumpang bus, saking asyiknya saya kebablasan.. hehe.. saya kelebihan satu halte –“.

IMG20170420171432

Ini dia masjidnya Centrum Kultury Islamu (ul.Wiertnicza 103 02-952 Warsaw, Poland)

Saya pun mulai memasuki masjid..mencopot sepatu..ganti dengan sandal yang udah disediain marbot masjidnya… ke tempat wudhu buat wudhu.. dan tiba tiba dari belakang ada yang manggil saya.. “kamu..dari Indonesiaa yaa??” saya kaget… (angkat tangan sambil bilang..”tidaakkkk, bukan saya pelakunya pak.. bukaannn”..heheee) lalu saya jawab, “iya pakk. Saya dari Indonesia..Nama saya Reza pak’. Lalu bapak-bapak tersebut langsung nyeletuk, “belum lapor yaaa?? Saya kok gak pernah lihat kamu sebelumnya”. Hehehe,.. sambil nyengir saya jawab, “memang belum pak –“ . Akhirnya setelah jumatan selesai saya digiring ke Kapolsek terdekat –“. Hehe… bukan..maksud saya KBRI.

Tapi sebelum ke KBRI, saya diajak ke rumah beliau terlebih dahulu untuk makan siang. Disana, kami ngobrol ngalor ngidul.. mulai dari asal daerah sampai ngomentarin acara tv –“.

Salah satu yang jadi pesan beliau buat saya yang baru tinggal di warsaw ialah “Jangan salah pergaulan”. Karena jauh dari kampung halaman dan dengan kultur berbeda maka pendatang disini sangat mudah kebawa arus. Contoh: yang biasa sholat jadi gak sholat, yang dulunya gak mabok jadi suka minum vodka, yang dulunya g doyan cewek jadi beringas (karena ketemu cewek2 poland yang cakep2). Ok, tidak terasa obrolan pun berlalu dan saya pun menuju KBRI bersama beliau. Setelah selesai dari KBRI, saya pulang sendiri naik kendaraan umum. Selama perjalanan pulang saya gak ketiduran, jadi saya bisa sampai tempat tujuan tanpa kebablasan.

So, That’s all for my first #Jumatstory. Jadi, pesan untuk saya dan teman-teman yang merantau di negeri orang ialah tetap jaga Iman. Jangan mudah terpengaruh dengan lingkungan. Ingat bahwa setiap langkah kita, ada TUHAN yang selalu mengawasi.

See you…

Wassalamualaikum wr wb.

Iklan

About rezawidya

i am just ordinary human..... like u.... still need a food to build my body

Diskusi

2 thoughts on “#JumatStory-Ketangkap Basah Belum Lapor Diri

  1. Ganjen deh reza

    Posted by sicakep | 23 April 2017, 16:48

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kalender

April 2017
M S S R K J S
« Mar    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  

Blog Stats

  • 33,773 hits

arsip

Translation

%d blogger menyukai ini: