-->
Kamu Sedang Membaca...
Education

E-Learning: Model Pembelajaran yang Ramah dengan Dunia Anak

Di era modern saat ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat. Salah satunya ialah kemajuan di bidang komputer dan internet. Kelebihan dari teknologi komputer dan internet ialah kemampuannya untuk bisa diaplikasikan dalam segala bidang pekerjaan. Bidang kedokteran, keteknikan, pertanian hingga pendidikan pun bisa memanfaatkan teknologi ini. Dalam bidang pendidikan, teknologi ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran.

Images elearning 2752247Kita semua tahu bahwa anak-anak memiliki rasa keingintahuan yang besar. Rasa ingin tahu inilah yang mendorong mereka untuk menggemari komputer. Lihat saja, anak-anak zaman sekarang betah sekali berjam-jam di depan computer. Meskipun, hanya sekedar untuk bermain game maupun berselancar di internet. Apabila kesenangan mereka terhadap computer ini tidak diarahkan tentunya akan sangat berbahaya. Mereka dapat dengan mudah membuka situs-situs yang tidak selayaknya dibuka maupun bermain game sampai berjam-jam. Oleh karena itu, peranan edukasi harus dimainkan dalam dunia komputer dan internet sehingga bisa mengarahkan anak-anak untuk memanfaatkan teknologi untuk belajar. Salah satu model edukasi yang dapat digunakan ialah E-Learning. Sistem E-Learning merupakan cara belajar dengan memanfaatkan media seperti video, audio, games, gambar interaktif, dan E-book yang bisa diakses menggunakan internet.

Membuat model E-Learning yang ramah dengan dunia anak-anak memang gampang-gampang susah. Guru sebagai seseorang yang nantinya menyampaikan pembelajaran dengan model E-Learning harus riset untuk mengetahui tokoh-tokoh kartun maupun game apa yang disukai oleh anak zaman sekarang. Tokoh kartun dan game kesukaan inilah yang nantinya dijadikan tema dalam membuat model E-Learning. Guru dan programmer akan bekerjasama agar materi edukasi dapat menyatu dengan kegemaran anak-anak zaman sekarang. Model E-Learning yang ramah dengan dunia anak akan membuat anak betah berlama-lama belajar di depan komputer.

 http://3.bp.blogspot.com/-fpz3jEFKMjQ/URMLkZpGmdI/AAAAAAAAAPU/QXZ9iBL153Q/s1600/Free+Download+PC+Game+Counter+Strike+%28CS%29+1.6+-+Full+Version+Shooter+3.jpg

Selain memikirkan bagaimana menyatukan materi edukasi dengan kegemaran anak, persoalan jaringan pun perlu dipertimbangkan dalam menyusuk media E-Learning. Hal ini perlu dipikirkan mengingat akses internet yang “lemot” akan menyusahkan apabila digunakan untuk mendownload materi E-Learning yang kelak didominasi oleh games dan video. XL Axiata sebagai operator yang memiliki jaringan luas serta cepat dengan 3,5 G nya sepertinya cocok untuk digunakan sebagai operator resmi E-Learning. Apalagi XL Axiata memiliki program Indonesia Berprestasi. Program yang dibuat untuk memotivasi anak-anak Indonesia untuk menjadi insan unggulan.

Sebagai tambahan, guru yang semula tidak ramah dengan dunia komputer harus berusaha familiar dengan komputer. Perlahan-lahan guru perlu meningkatkan kompetensi internet dan komputernya agar mampu mengimbangi anak didiknya ketika memanfaatkan model E-Learning. Jangan sampai sang guru kecolongan sehingga si anak bisa memanfaatkan internet untuk browsing diluar materi pendidikan.

E-Learning merupakan media belajar cara baru yang sangat interaktif. Dengan memanfaatkan rasa keingintahuan anak-anak yang besar pada komputer dan internet, sebagai pendidik bisa memanfaatkan fasilitas game, video, dan  E-book sebagai alat bantu pembelajaran.

Iklan

About rezawidya

i am just ordinary human..... like u.... still need a food to build my body

Diskusi

One thought on “E-Learning: Model Pembelajaran yang Ramah dengan Dunia Anak

  1. I am great at understanding how individuals assume and ensuring that I use that to generate my selections.

    Posted by Santiago | 22 Agustus 2017, 15:48

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kalender

Desember 2013
M S S R K J S
« Nov   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Blog Stats

  • 38,174 hits

arsip

Translation

%d blogger menyukai ini: