-->
Kamu Sedang Membaca...
food info

Pengangkatan Produk Pangan Lokal (P3L) HIMALOGISTA

Sebagai mahasiswa yang belajar di Ilmu dan Teknologi Pangan, sudah menjadi suatu kewajiban untuk mengamalkan ilmunya. Wujud dari pengamalan ilmu ini bisa sangat beragam, mulai dari diskusi tentang pangan, belajar bareng, sampai ke pengabdian masyarakat.

Nah, disini HIMALOGISTA sebagai wadah organisasi mahasiswa Ilmu dan Teknologi Pangan di Universitas Brawijaya berusaha untuk mengabdi kepada masyarakat dengan cara mengadakan suatu program kerja yang di-adaptasi dari HMPPI (Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia) yaitu Program Pengangkatan Produk Pangan Lokal (P3L).

Program Pengangkatan Produk Pangan Lokal (P3L) ini merupakan suatu program kerja dimana kita akan mencari sebuah desa binaan yang memiliki potensi Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia yang mumpuni. Potensi Sumber Daya Alam disini merupakan potensi bahan pangan yang melimpah namun belum termanfaatkan dengan maksimal.  Sedangkan, potensi Sumber Daya Manusia yang mumpuni merupakan potensi SDM yang memiliki semangat dan keinginan untuk maju.

Tim P3L bentukan HIMALOGISTA ini berisi 30 orang. Tim ini telah memilih sebuah desa binaan yaitu desa Sukoanyar Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

Kondisi desa Sukoanyar

Kondisi desa Sukoanyar, Kec.Pakis, Kab.MalangDesa Sukoanyar memiliki tiga hasil pertanian terbesar yaitu ubi jalar, sayur-sayuran (sawi hijau, selada, kacang panjang), dan padi. Desa ini memiliki lahan pertanian seluas 145 hektar yang sepertiganya (48 hektar) digunakan untuk ubi jalar, dimana setiap minggu nya mereka akan dapat memanen dan setiap hektar nya dapat menghasilkan 20 – 25ton ubi jalar.

Kelompok Tani desa Sukoanyar

Desa Sukoanyar memiliki 3 kelompok tani bernama Dewi Ratih 1, Dewi Ratih 2, dan Dewi Ratih 3. Tetapi sampai saat ini yang masih aktif yaitu Dewi Ratih 1 dan Dewi Ratih 3, dimana Dewi Ratih 1 mengurus ubi jalar dan padi sedangkan Dewi Ratih 3 mengurus ubi jalar dan sayur-sayuran. Desa yang sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani ini, hanya memasarkan ubi jalar tersebut ke pasar dan ke pabrik, dimana saat dijual ke pasar dapat dijual dengan harga Rp 180.000,- sedangkan saat dijual ke pabrik mereka mengalami rugi sampai Rp 50.000,- yaitu dibeli oleh pabrik dengan harga Rp 130.000,-. Sebenarnya kelompok tani ini telah memiliki alat pengolahan tepung ubi jalar dengan system press, cacah, dan giling. Namun, ubi jalar yang semula beratnya 10 kg dapat mengalami penyusutan hingga 2 kg setelah diolah menjadi tepung. Sehingga, nilai jualnya turun apabila dibandingkan dengan menjual ubi jalar mentah. Untuk itu, perlu dilakukan pengolahan lebih lanjut terhadap tepung ubi jalar agar nilai jualnya meningkat. Tetapi permasalahannya   mereka tidak memiliki bekal untuk mengolah tepung ubi jalar menjadi sebuah produk olahan. Dengan diadakan nya bina desa ini mereka berharap bahan dasar seperti ubi jalar “Ase” yang merupakan jenis ubi jalar yang paling banyak dihasilkan di desa ini dapat diolah menjadi beberapa produk sehingga dapat meningkatkan nilai jual.

Rencananya, Tim akan memperkenalkan pengolahan “Brownies Ubi Jalar” dan “Mie Kering Ubi Jalar”

Untuk menjalankan program ini, Tim membagi kegiatan menjadi 3 macam.

1. Penyuluhan, dimana Tim akan memberikan penyuluhan tentang pengolahan ubi jalar, pemasaran, sampai serba serbi UMKM

2. Produksi, dimana Tim akan mengawal jalannya produksi Brownies dan Mie Kering Ubi Jalar disana. Meliputi kegiatan produksi hingga pemasarannya

3.Controlling, dimana Tim akan mengadakan pengendalian terhadap produksi hingga pemasaran dan penstabilan organisasi usaha.

Disini, kami mengajak berbagai pihak untuk dapat ikut serta dalam program Pengangkatan Produk Lokal ini. Diantaranya, para dosen Jurusan, Fakultas hingga Universitas Brawijaya. Kami sangat terbuka terhadap pihak-pihak yang ingin ikut serta dalam memajukan kegiatan pengabdian masyarakat ini.

About rezawidya

i am just ordinary human..... like u.... still need a food to build my body

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

kalender

April 2012
M S S R K J S
« Feb   Mei »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Blog Stats

  • 30,592 hits

Visitors from

arsip

%d blogger menyukai ini: